Translate

Rabu, 07 Januari 2015

AMARIS HOTEL SAMARINDA


Grup Santika, melalui Amaris Hotel, adalah perusahaan lokal yang mengawali brand budget hotel. Sejak 2007 Santika agresif mengembangkan bisnis ini. Tahun ini Amaris mulai merambah Singapura.
Rebranding dan IPO
PT Grahawita Santika merupakan salah satu anak perusahaan Kompas Gramedia (KG) yang mengelola bisnis perhotelan menggunakan brand Santika Indonesia Hotels & Resorts. Kami berdiri pada 21 Agustus 1981, dengan membeli Hotel Soeti di Jalan Sumatera, Bandung, yang lantas berubah nama jadi Hotel Santika Bandung.
Melihat prospek budget hotel dan kebutuhan segmentasi pasar, pada 2007 kami melakukan rebranding. Tujuan rebranding untuk memudahkan pendeskripsian manajemen serta memberi pilihan kepada pasar. Saat itu lahirlah brand baru bernama Amaris Hotel.
Hotel Amaris pertama yang kami buka ada di Panglima Polim, Jakarta Selatan, pada 2007. Dalam tiga setengah tahun, sudah balik modal. Bulan ini, kami membuka Hotel Amaris Embong Malang di Surabaya. Hotel terbaru ini menjadi budget hotel ke-22. Sebelum akhir tahun, kami akan membuka dua hotel lagi, salah satunya di Middle Road, Singapura. Meskipun di Singapura baru satu, setidaknya ini menjadi langkah baru dan tanda bagi kami untuk go international.
Sekarang kami mengelola 51 hotel. Selain Hotel Amaris yang bertaraf bintang dua, kami punya beberapa brand: The Royal Collection, termasuk produk Villa & Boutique (dua hotel The Samaya & satu hotel The Kayana), tujuh Hotel Santika Premiere, serta 18 Hotel Santika. Satu brand baru muncul tahun ini, yaitu Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention.
Dibanding beberapa brand tersebut, Amaris memang paling tinggi pertumbuhannya dari sisi bisnis. Penambahan hotel juga lebih cepat. Tingkat hunian Amaris di atas brand lain.
Secara rata-rata, tingkat hunian tahun 2012 sekitar 78% atau tumbuh 9% dibandingkan tahun lalu, dengan rata-rata tarif kamar Rp 450.000 per malam.
Ke depan, kami akan terus menambah sekitar 10 hotel per tahun. Mengapa? Sebab, konsep budget hotel ini tidak butuh modal besar. Dari sisi permodalan, selama ini kami tidak menemui masalah. Pembangunan hotel bujet tidak membutuhkan lahan yang sangat luas. Proses pembangunan cuma makan waktu 9 bulan–11 bulan.
Meski begitu, kami tetap menjaga kekhasan brand Amaris sebagai hotel berbintang dua yang bagus, profesional, branded, dan “bersih”. Menonjolkan kekhasan ini adalah strategi utama kami menghadapi kompetisi yang ketat.
Strategi lain, kami juga membuka kesempatan bagi investor. Santika Indonesia Hotels & Resorts menjadi hotel operator dengan masa kontrak pengelolaan 10 tahun dan bisa diperpanjang dengan sistem management contract. Tanah dan biaya konstruksi hotel berasal dari pemilik, sedangkan kami menyediakan jasa technical assistance, mendampingi proses perencanaan, pembangunan, dan persiapan pembukaan.
Setelah hotel selesai dibangun, seluruh operasi dan manajemen hotel diserahkan ke Santika, agar investor bisa konsentrasi di bisnis utama mereka. Atas jasa pengelolaan ini, pemilik hotel akan membayar biaya pengelolaan kepada Santika. 
       VISI
-          Menjadi jaringan hotel terbesar di ndonesia dan terbaik di asia.

        MISI
-          Mendapatkan nilai (+) bagi share  holder dan stake holder, dengan menyajikan produk yang bermutu dan berkualitas

    PLANNING
v  HOUSE KEEPING
Ø  Room Realiness  perhari
v  FRONT OFFICE
Ø  Menerapkan SOP
Ø  SIP perbulan
v  FOOD & BEVERAGE KITCHEN
Ø  Cost Controll Bahan Baku (staff kitchen)
Ø  Menerapkan SOP
v  HRD
Ø  Training Hours
Ø  Trained Hours
Ø  Memastikan Rasio Employee & Revenue (Rasional)
v  ENGINERING
Ø  Realisasi pemeliharaan ( target 3 bulan 1x)
Ø  Jadwal Pemeliharaan
v  Target ACC (Ketetapan waktu)
Ø  Pelaporan On Time
Ø  Waktu Penagihan
Ø  Cost Controling
Ø  Tanggal 28 (Salary)
v  SALES
Ø  Meeting Room revenue
Ø  Kontak Coorporate
Ø  Travel agent

    ORGANIZING
v  HOUSE KEEPING
Ø  Menjalankan fungsi kebersihan dan kerapian
v  FRONT OFFICE
Ø  Menjalankan aktifitas penerimaan tamu (check-in dan check-out)
Ø  Fungsi cashiering terhadap pembyaran kamar maupun banquet
Ø  Sebagai ujung tombak penanganan tamu
v  FOOD & BEVERAGE KITCHEN
Ø  Menyiapkan sarapan/ breakfast (baik secara rutin, by order, banquet order, dan event order)
v  HRD
Ø  Menjlankan fungsi reqruitment training dan administrasi sumber daya manusia
v  ENGINERING
Ø  Menjalankan fungsi pemeliharaan dan peralatan instalasi di hotel (baik IT maupun elektrik)
v  Target ACC (Ketetapan waktu)
Ø  Menjlankan fungsi pembukuan, pelaporan, aspek transaksi keuangan di hotel.
v  SALES
Ø  Menjalankan fungsi pemasaran, pengenalan brand dan mensosialisasikan produk-produk hotel terhadap calon pelanggan
Struktur Organisasi Amaris Hotel Samarinda


    ACTUALLY
v  HOUSE KEEPING
ü  Menjalankan Fungsi Setup Kamar & Isinya
v  FRONT OFFICE
ü  Penerima Tamu
ü  Penerima Pembayaran
ü  Administrasi
ü  Edisi BCA
v  FOOD & BEVERAGE KITCHEN
ü  Menyediakan makanan baik ala barte maupun buffet untuk tamu maupun meeting room
v  HRD
ü  Perijinan
ü  Recruitment
ü  Training
ü  Payroll
ü  Kinerja
ü  Administrasi Personalia
ü  BPJS
v  ENGINERING
ü  Electricity Plambing
v  Target ACC (Ketetapan waktu)
ü  Menjalankan tugas pembukuan , pencatatan, pelaporan keuangan
v  SALES
ü  Melakukan tugas  , fungsi pembayaran & penjualan melalui online maupun direct





    CONTROLING
Proses Controling dilakukan oleh masing-masing supervisor, karna organisasinya termasuk organisasi ramping. Pada perusahaan ini hanya memiliki 2  supervisor untuk sementara. Jadi proses controlling berjalan multitasking dimana 2 supervisor tersebut mengontrol semua bidang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar