Grup Santika, melalui Amaris Hotel, adalah perusahaan lokal yang
mengawali brand budget hotel. Sejak 2007 Santika agresif mengembangkan
bisnis ini. Tahun ini Amaris mulai merambah Singapura.
Rebranding dan IPO
PT Grahawita Santika merupakan salah satu anak perusahaan Kompas Gramedia
(KG) yang mengelola bisnis perhotelan menggunakan brand Santika
Indonesia Hotels & Resorts. Kami berdiri pada 21 Agustus 1981, dengan
membeli Hotel Soeti di Jalan Sumatera, Bandung, yang lantas berubah nama jadi
Hotel Santika Bandung.
Melihat prospek budget hotel dan kebutuhan segmentasi pasar, pada
2007 kami melakukan rebranding. Tujuan rebranding untuk
memudahkan pendeskripsian manajemen serta memberi pilihan kepada pasar. Saat
itu lahirlah brand baru bernama Amaris Hotel.
Hotel Amaris pertama yang kami buka ada di Panglima Polim, Jakarta Selatan,
pada 2007. Dalam tiga setengah tahun, sudah balik modal. Bulan ini, kami
membuka Hotel Amaris Embong Malang di Surabaya. Hotel terbaru ini menjadi budget
hotel ke-22. Sebelum akhir tahun, kami akan membuka dua hotel lagi, salah
satunya di Middle Road, Singapura. Meskipun di Singapura baru satu, setidaknya
ini menjadi langkah baru dan tanda bagi kami untuk go international.
Sekarang kami mengelola 51 hotel. Selain Hotel Amaris yang bertaraf bintang
dua, kami punya beberapa brand: The Royal Collection, termasuk produk
Villa & Boutique (dua hotel The Samaya & satu hotel The Kayana), tujuh
Hotel Santika Premiere, serta 18 Hotel Santika. Satu brand baru muncul
tahun ini, yaitu Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention.
Dibanding beberapa brand tersebut, Amaris memang paling tinggi
pertumbuhannya dari sisi bisnis. Penambahan hotel juga lebih cepat. Tingkat
hunian Amaris di atas brand lain.
Secara rata-rata, tingkat hunian tahun 2012 sekitar 78% atau tumbuh 9%
dibandingkan tahun lalu, dengan rata-rata tarif kamar Rp 450.000 per malam.
Ke depan, kami akan terus menambah sekitar 10 hotel per tahun. Mengapa?
Sebab, konsep budget hotel ini tidak butuh modal besar. Dari sisi
permodalan, selama ini kami tidak menemui masalah. Pembangunan hotel bujet
tidak membutuhkan lahan yang sangat luas. Proses pembangunan cuma makan waktu 9
bulan–11 bulan.
Meski begitu, kami tetap menjaga kekhasan brand Amaris sebagai
hotel berbintang dua yang bagus, profesional, branded, dan “bersih”.
Menonjolkan kekhasan ini adalah strategi utama kami menghadapi kompetisi yang
ketat.
Strategi lain, kami juga membuka kesempatan bagi investor. Santika Indonesia
Hotels & Resorts menjadi hotel operator dengan masa kontrak pengelolaan 10
tahun dan bisa diperpanjang dengan sistem management contract. Tanah
dan biaya konstruksi hotel berasal dari pemilik, sedangkan kami menyediakan
jasa technical assistance, mendampingi proses perencanaan,
pembangunan, dan persiapan pembukaan.
Setelah hotel selesai dibangun, seluruh operasi dan manajemen hotel
diserahkan ke Santika, agar investor bisa konsentrasi di bisnis utama mereka.
Atas jasa pengelolaan ini, pemilik hotel akan membayar biaya pengelolaan kepada
Santika.
VISI
VISI
-
Menjadi jaringan hotel terbesar di
ndonesia dan terbaik di asia.
MISI
-
Mendapatkan nilai (+) bagi share holder dan stake holder, dengan menyajikan
produk yang bermutu dan berkualitas
PLANNING
v HOUSE
KEEPING
Ø Room
Realiness perhari
v FRONT
OFFICE
Ø Menerapkan
SOP
Ø SIP
perbulan
v FOOD
& BEVERAGE KITCHEN
Ø Cost
Controll Bahan Baku (staff kitchen)
Ø Menerapkan
SOP
v HRD
Ø Training
Hours
Ø Trained
Hours
Ø Memastikan
Rasio Employee & Revenue (Rasional)
v ENGINERING
Ø Realisasi
pemeliharaan ( target 3 bulan 1x)
Ø Jadwal
Pemeliharaan
v Target
ACC (Ketetapan waktu)
Ø Pelaporan
On Time
Ø Waktu
Penagihan
Ø Cost
Controling
Ø Tanggal
28 (Salary)
v SALES
Ø Meeting
Room revenue
Ø Kontak
Coorporate
Ø Travel
agent
ORGANIZING
v HOUSE
KEEPING
Ø Menjalankan
fungsi kebersihan dan kerapian
v FRONT
OFFICE
Ø Menjalankan
aktifitas penerimaan tamu (check-in dan check-out)
Ø Fungsi
cashiering terhadap pembyaran kamar maupun banquet
Ø Sebagai
ujung tombak penanganan tamu
v FOOD
& BEVERAGE KITCHEN
Ø Menyiapkan
sarapan/ breakfast (baik secara rutin, by order, banquet order, dan event order)
v HRD
Ø Menjlankan
fungsi reqruitment training dan administrasi sumber daya manusia
v ENGINERING
Ø Menjalankan
fungsi pemeliharaan dan peralatan instalasi di hotel (baik IT maupun elektrik)
v Target
ACC (Ketetapan waktu)
v SALES
Ø Menjalankan
fungsi pemasaran, pengenalan brand dan mensosialisasikan produk-produk hotel
terhadap calon pelanggan
Struktur Organisasi Amaris Hotel Samarinda |
ACTUALLY
v HOUSE
KEEPING
ü Menjalankan
Fungsi Setup Kamar & Isinya
v FRONT
OFFICE
ü Penerima
Tamu
ü Penerima
Pembayaran
ü Administrasi
ü Edisi
BCA
v FOOD
& BEVERAGE KITCHEN
ü Menyediakan
makanan baik ala barte maupun buffet untuk tamu maupun meeting room
v HRD
ü Perijinan
ü Recruitment
ü Training
ü Payroll
ü Kinerja
ü Administrasi
Personalia
ü BPJS
v ENGINERING
ü Electricity
Plambing
v Target
ACC (Ketetapan waktu)
ü Menjalankan
tugas pembukuan , pencatatan, pelaporan keuangan
v SALES
ü Melakukan
tugas , fungsi pembayaran &
penjualan melalui online maupun direct
CONTROLING
Proses Controling dilakukan oleh masing-masing supervisor,
karna organisasinya termasuk organisasi ramping. Pada perusahaan ini hanya
memiliki 2 supervisor untuk sementara.
Jadi proses controlling berjalan multitasking dimana 2 supervisor tersebut
mengontrol semua bidang .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar